1. Teori Singkat
Mengapa Java? Karena java adalah bahasa pemrograman multi platform. Java tidak menyediakan IDE khusus seperti halnya bahasa pemrograman yang lain. Pemrogram bisa menggunakan IDE yang support ke Java, misalnya Netbeans, Eclips, TexPad, dan lain-lain. Editor teks bisa digunakan semisal Notepad. Jika editor yang digunakan tidak support Java, kita tinggal menyimpannya dalam ekstensi .java kemudian kompilasi dan menjalankannya menggunakan command prompt.
Secara umum, elemen-elemen dasar pemrograman Java terdiri dari :
1. Himpunan Karakter
Himpunaan karakter terdiri dari huruf, digit maupun simbol-simbol lainya (termasuk spasi,
karakter kontrol).
Contoh :
Huruf : A, a, B, b, C, c ...............
Digit : 0, 1, 2, 3, 4, 5 ...........
Simbol dan lainnya : _ - + * dan sebagainya
2. Pengenal (identifier)
Pengenal atau identifier adalah suatu nama yang bisa dipakai dalam pemrograman untuk
menyatakan :
- variabel
- konstanta bernama
- tipe data
- fungsi
- label
- obyek
Contoh :
moMhs;
no_Mhs;
3. Kata Kunci Pengenal sistem yang mempunyai makna khusus bagi kompiler. Kegunaan dari
golongan ini tidak dapat diubah.
Contoh :
case, char, const, do, else, for, return, void, while, dan lain-lain
4. Tipe Data Primitif
Bahasa Pemrograman Java adalah bahasa pemrograman yang selalu menggunakan tipe data untuk setiap variabelnya. Itu berarti bahwa semua variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum mereka digunakan.
Misalnya :
int nilai = 1;
* byte: Tipe data byte adalah 8-bit integer bertanda two's complement. Tipe ini mempunyai nilai
minimum -128 dan nilai maksimumnya adalah 127.
* short: Tipe data short merupakan integer 16 bit two's complement yang mempunyai nilai
minimum -32,768 dan nilai maksimum 32,767.
* int: Tipe data int adalah integer 32 bit two's complement. Dia mempunyai nilai
minimum -2,147,483,648 sedangkan nilai maksimumnya adalah 2,147,483,647 (inclusive).
* long: Tipe data long adalah integer 64 bit two's complement. Nilai minimumnya adalah
-9,223,372,036,854,775,808 sedangkan nilai maksimumnya adalah
9,223,372,036,854,775,807 (inclusive). Gunakan tipe data ini pada saat anda memerlukan
jangkau nilai yang lebih besar daripada yang bisa disajikan oleh int.
* float: Tipe data float merupakan single-precision 32-bit IEEE 754 floating point.
* double: Tipe data double adalah double-precision 64-bit IEEE 754 floating point.
* boolean: Tipe data boolean hanya mempunyai dua nilai yang mungkin, yaitu true dan false.
Gunakan tipe data ini untuk flag-flag sederhana untuk menjejak/menelusuri kondisi true
atau false. Tipe data ini merepresentasikan satu bit informasi, tetapi ukurannya tidak
didefinisikan dengan tepat.
* char: Tipe data char adalah karakter Unicode 16 bit. Tipe data ini mempunyai nilai minimum
'\u0000' (atau 0) dan nilai maksimum '\uffff' (atau 65,535).
5. Variabel dan Konstanta
Variabel digunakan dalam program untuk menyimpam suatu nilai, dan
nilai yang ada padanya dapat diubah selama ekseskusi berlangsung.
Konstanta adalah nilai yang tetap.
Contoh :
float jumlah;
jumlah = 10;
6. Konstanta bernama
Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci const.
Contoh :
const float PHI = 3.14;
NILAI DEFAULT
Tidak selalu perlu untuk menentukan suatu nilai ketika sebuah field dideklarasikan. Field yang dideklarasikan tetapi tidak diinisialisasi akan diset ke default yang ada oleh kompiler. Secara umum, default ini akan bernilai null atau zero tergantung pada tipe datanya.
Tabel merangkum nilai default untuk tipe-tipe data di atas.
PERNYATAAN MASUKAN DAN KELUARAN DALAM JAVA
Dalam bahasa pemrograman Java, kita akan menggunakan pernyataan masukan dan keluaran. Pernyataan masukan adalah pernyataan untuk mendapatkan masukan dari keyboard. Sedangkan pernyataan keluaran adalah pernyataan untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.
1. Komponen keluaran
Untuk menampilkan ke layar secara tekstual, java mempunyai fasilitas output,
yaitu dengan perintah
System.out.print( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu);
untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai tidak berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran berikutnya akan ditampilkan pada baris yang sama. Dan perintah
System.out.println(hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu);
untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.
System.out.println(“Hasil penjumlahan “+hasil);
//menampilkan isi variabel hasil
2. Komponen masukan Untuk memasukkan sebuah nilai ke variabel yang sudah didefinisikan
digunakan kelas Scanner (kelas ini disediakan mulai Java versi 1.5).
a. Input data bertipe Integer
Untuk menginputkan data dengan tipe integer digunakan method nextInt di dalam kelas Scanner.
b. Input data bertipe String
Untuk menginputkan data dengan tipe integer digunakan method nextInt di dalam kelas Scanner.
c. Input tipe yang lain
Untuk input data dari keyboard dengan tipe yang lain dan disediakan oleh kelas Scannr adalah
sebagai berikut
# nextBoolean : input tipe boolean (true atau false saja)
# nextShort : input tipe short integer
# nextLong : input tipe long integer
# nextFloat : input tipe float
# nextDouble : input tipe double
Mengapa Java? Karena java adalah bahasa pemrograman multi platform. Java tidak menyediakan IDE khusus seperti halnya bahasa pemrograman yang lain. Pemrogram bisa menggunakan IDE yang support ke Java, misalnya Netbeans, Eclips, TexPad, dan lain-lain. Editor teks bisa digunakan semisal Notepad. Jika editor yang digunakan tidak support Java, kita tinggal menyimpannya dalam ekstensi .java kemudian kompilasi dan menjalankannya menggunakan command prompt.
Secara umum, elemen-elemen dasar pemrograman Java terdiri dari :
1. Himpunan Karakter
Himpunaan karakter terdiri dari huruf, digit maupun simbol-simbol lainya (termasuk spasi,
karakter kontrol).
Contoh :
Huruf : A, a, B, b, C, c ...............
Digit : 0, 1, 2, 3, 4, 5 ...........
Simbol dan lainnya : _ - + * dan sebagainya
2. Pengenal (identifier)
Pengenal atau identifier adalah suatu nama yang bisa dipakai dalam pemrograman untuk
menyatakan :
- variabel
- konstanta bernama
- tipe data
- fungsi
- label
- obyek
Contoh :
moMhs;
no_Mhs;
3. Kata Kunci Pengenal sistem yang mempunyai makna khusus bagi kompiler. Kegunaan dari
golongan ini tidak dapat diubah.
Contoh :
case, char, const, do, else, for, return, void, while, dan lain-lain
4. Tipe Data Primitif
Bahasa Pemrograman Java adalah bahasa pemrograman yang selalu menggunakan tipe data untuk setiap variabelnya. Itu berarti bahwa semua variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum mereka digunakan.
Misalnya :
int nilai = 1;
* byte: Tipe data byte adalah 8-bit integer bertanda two's complement. Tipe ini mempunyai nilai
minimum -128 dan nilai maksimumnya adalah 127.
* short: Tipe data short merupakan integer 16 bit two's complement yang mempunyai nilai
minimum -32,768 dan nilai maksimum 32,767.
* int: Tipe data int adalah integer 32 bit two's complement. Dia mempunyai nilai
minimum -2,147,483,648 sedangkan nilai maksimumnya adalah 2,147,483,647 (inclusive).
* long: Tipe data long adalah integer 64 bit two's complement. Nilai minimumnya adalah
-9,223,372,036,854,775,808 sedangkan nilai maksimumnya adalah
9,223,372,036,854,775,807 (inclusive). Gunakan tipe data ini pada saat anda memerlukan
jangkau nilai yang lebih besar daripada yang bisa disajikan oleh int.
* float: Tipe data float merupakan single-precision 32-bit IEEE 754 floating point.
* double: Tipe data double adalah double-precision 64-bit IEEE 754 floating point.
* boolean: Tipe data boolean hanya mempunyai dua nilai yang mungkin, yaitu true dan false.
Gunakan tipe data ini untuk flag-flag sederhana untuk menjejak/menelusuri kondisi true
atau false. Tipe data ini merepresentasikan satu bit informasi, tetapi ukurannya tidak
didefinisikan dengan tepat.
* char: Tipe data char adalah karakter Unicode 16 bit. Tipe data ini mempunyai nilai minimum
'\u0000' (atau 0) dan nilai maksimum '\uffff' (atau 65,535).
5. Variabel dan Konstanta
Variabel digunakan dalam program untuk menyimpam suatu nilai, dan
nilai yang ada padanya dapat diubah selama ekseskusi berlangsung.
Konstanta adalah nilai yang tetap.
Contoh :
float jumlah;
jumlah = 10;
6. Konstanta bernama
Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kata kunci const.
Contoh :
const float PHI = 3.14;
NILAI DEFAULT
Tidak selalu perlu untuk menentukan suatu nilai ketika sebuah field dideklarasikan. Field yang dideklarasikan tetapi tidak diinisialisasi akan diset ke default yang ada oleh kompiler. Secara umum, default ini akan bernilai null atau zero tergantung pada tipe datanya.
Tabel merangkum nilai default untuk tipe-tipe data di atas.
PERNYATAAN MASUKAN DAN KELUARAN DALAM JAVA
Dalam bahasa pemrograman Java, kita akan menggunakan pernyataan masukan dan keluaran. Pernyataan masukan adalah pernyataan untuk mendapatkan masukan dari keyboard. Sedangkan pernyataan keluaran adalah pernyataan untuk menampilkan sesuatu nilai ke layar.
1. Komponen keluaran
Untuk menampilkan ke layar secara tekstual, java mempunyai fasilitas output,
yaitu dengan perintah
System.out.print( hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu);
untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai tidak berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran berikutnya akan ditampilkan pada baris yang sama. Dan perintah
System.out.println(hal yang akan ditampilkan, bisa lebih dari satu);
untuk menampilkan ke layar dan setelah selesai berpindah baris. Akibatnya perintah keluaran setelah itu akan ditampilkan pada baris berikutnya.
System.out.println(“Hasil penjumlahan “+hasil);
//menampilkan isi variabel hasil
2. Komponen masukan Untuk memasukkan sebuah nilai ke variabel yang sudah didefinisikan
digunakan kelas Scanner (kelas ini disediakan mulai Java versi 1.5).
a. Input data bertipe Integer
Untuk menginputkan data dengan tipe integer digunakan method nextInt di dalam kelas Scanner.
b. Input data bertipe String
Untuk menginputkan data dengan tipe integer digunakan method nextInt di dalam kelas Scanner.
c. Input tipe yang lain
Untuk input data dari keyboard dengan tipe yang lain dan disediakan oleh kelas Scannr adalah
sebagai berikut
# nextBoolean : input tipe boolean (true atau false saja)
# nextShort : input tipe short integer
# nextLong : input tipe long integer
# nextFloat : input tipe float
# nextDouble : input tipe double
Komentar
Posting Komentar