Langsung ke konten utama

persiapan membuat aplikasi android


1. Install program pengembang aplikasi android

Aplikasi android itu dibangun melalui melalui sebuah softaware atau program. Kita dapat menggunakan Android Studio atau Eclipse, harus ketahui aplikasi ini harus di jalankan dengan komputer yang sesuai dengan spek nya, software ini akan berat sekali bila dijalankan di komputer dan laptop.

2. Speksifikasi Komputer yang Memadai

 Disini harus punya komputer minimal standar dengan processor minimal core i3 atau setaranya untuk processor merek lain dan RAM minimal 2 GB untuk aplikasi eclipse dan minimal 4GB untuk aplikasi Android Studio. kalau dibandingkan dengan keduanya saya anjurkan agan menggunakan android studio karena support dengan google dan fitur nya lebih berkembang.

3. Instal JDK dan JRE

JDK atau Java Development Kit adalah seperti kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk development. JDK diperlukan sebagai development dalam membuat aplikasi android yaitu mengkompilasi kode – kode java menjadi aplikasi yang berbasis java.

JRE atau Java Runtime Environment adalah mesin yang berfungsi menjalankan serangkaian kode – kode java yang dibangun menjadi aplikasi java.

4. Instal SDK Android

SDK android adalah sebagai library emulator untuk menjalankan aplikasi android pada komputer. Instal SDK android sesuai versi android yang ingin digunakan. Untuk instalasi anda perlu koneksi internet, karena SDK akan mencari library yang anda butuhkan sendiri dan dibutuhkan waktu yang lama dan kuota yang banyak. Jika perlu gunakan wifi dengan kecepatan yang tinggi.Ukuran SDK bisa mencapai 50GB.

5. Membuat AVD(Android Virtual Device)

Setelah anda menginstal SDK android, maka juga dilengkapi AVD (Android Virtual Device) untuk menjalankan emulator android pada komputer agan, tetapi AVD ini masih kosong. Silahkan anda buat sendiri dengan ukuran layar android yang sesuai keinginan anda, dan tentukan versi android dimana anda ingin membangun aplikasi, apakah IceCream, JellyBean, KitKat, Lolipop, atau versi yang terbaru.


 1.2 Membuat Project Pertama Android




















Langkah Pembuatan Project Android Studio

Berikut langkah-langkah nya :
 Run Aplikasi IDE Android Studio, kemudian pada pilihan menu, klik : File-New- New Project
– Kemudian, akan tampil seperti gambar berikut isikan nama project (Bebas). Company Domainuntuk tentukan package aplikasi, Project Location untuk letak anda simpan projectnya lalau NEXT:
–  Bagian ini merupakan pilihan untuk memilih target run aplikasi, dalam hal ini kita pilih : Phoneand Tablet. dibagian Minimum SDK, tentukan minimum SDK nya, dalam hal ini kita pilih : API 16, Jelly Beans.
Add caption
Tentukan Target Run Aplikasi
Note : Jika ingin melihat Minmun SDK sesuai API yang digunakan, klik : Help Me Choose, maka akan muncul tampilan berikut sebagai panduan untuk memilih API minimum. lalu tekan next.



– Setelah Next, akan muncul tampilan untuk pilihan Layout (Activity) aplikasi. kita bisa memilih bebas Activity yang disediakan. Artinya dengan banyak pilihan yang tersedia, kita tidak usah membuat layout nya dari awal lagi. sebagai contoh dipilih : Blank Activity.
– Tekan Next lagi, tampilan setelahnya adalah menentukan nama dari Activity yang telah dipilih. Untuk bagian isian, isikan bebas namanya (Jangan pakai Spasi untuk penamaan Activity).


Activity adalah komponen pada aplikasi Android yang menampilkan dan mengatur halaman aplikasi sebagai tempat interaksi antara pengguna dengan aplikasi, seperti membuat panggilan telepon, mengambil foto, mengirim pesan singkat, atau mengirim email. Sebuah Activity mengatur satu halaman user interface aplikasi. Sehingga jika sebuah aplikasi Android memiliki beberapa halaman user interface yang saling berinteraksi, berarti aplikasi tersebut memiliki beberapa Activity yang saling berinteraksi.


Bagian akhir, tekan tombol FINISH, maka Android Studio akan membuat kan project nya. Silahkan tunggu proses nya, dalam hal ini mungkin saja membutuhkan proses loading yang agak sedikit lama, tergantung spesifikasi laptop anda.

.Jika tidak ada kendala, terakhir akan tampil halaman berikut :

sudah proses instalisasi selesai selamat membuat project aplikasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN JENIS JENIS TIPE DATA

Assalamualaikum wr.wb. A. Tipe Data      1. Pengertian Tipe data     Tipe data adalah jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. 2.  Jenis- jenis tipe data / Data Type a) Tipe data primitive (Sederhana)           Tipe data primitive adalah Tipe data yang mampu menyimpan satu nilai tiap satu variabel. Tipe data primitive merupakan tipe data dasar yang sering dipakai oleh program. Contoh tipe data primitive  adalah tipe numerik (integer dan real), tipe data karakter/char, tipe data boolean.         1.  Numerik          Tipe data numeric digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai             dalam bentuk angka. Tipe data ini terbagi atas integer, dan real.         a.   Integer               Integer Merupakan tipe data berupa bilangan bulat, terbagi atas             beberapa kategori seperti table dibawah ini                 b. Real              Real adalah bilangan yang berisi titik desimal atau jenis bilangan pecahan.   

CONTOH DIAGRAM ERD PERPUSTAKAAN

Gambar ERD dalam peminjaman buku di perpustakaan: ——————————————————————————————————————————————————————– Contoh Kasus 2: Seperti deskripsi soal kasus nomor 1, namun ada beberapa tambahan penjelasan seperti berikut: Seorang mahasiswa boleh meminjam beberapa buku. Satu buku boleh dipinjam beberapa mahasiswa. Semua mahasiswa sangat pelu buku sehingga tidak ada yang tidak pernah meminjam ke perpustakaan. Setiap peminjam akan dicatat tanggal peminjamannya. Semua mahasiswa disiplin mengembalikan buku tepat satu minggu setelah peminjaman. Gambarkan ERDnya!! MODEL ENTITY – RELATIONSHIP Model Entity Relationship : Suatu penyajian data dengan menggunakan Entity dan Relationship Entity : Objek secara fisik : Buku, Perpustakaan, Mahasiswa Objek secara konsep : Meminjam Relationship :  Atribut : Atribut Multivalue Derajat dari Relationship : Trenary degree (Derajat Tiga) Cardinality Ratio Constraint M : N  Particip

Flowchart adalah

Assalamualaikum Wr. Wb. Flowchart  A. Pengertian Flowchart (Diagram Alir)                 Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika.   Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi – notasi tertentu. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antar proses digambarkan dengan garis penghubung. Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian – bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek.  Walaupun tidak ada kaidah – kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran :  1) Hindari